Tips menghemat kuota saat streaming Youtube

02.36


Mengakses youtube memang sudah menjadi kebutuhan tapi kadang  kita sering dibikin galau saat akan membuka  video di youtube, apalagi jika stok kuota kita limit . Ya, streaming youtube memang sangat menguras kuota data, tapi ada beberapa tips menghemat kuota saaat streaming youtube yang bisa kita coba. Ini dia :

1. Gunakan browser yang lebih efisien. Biasanya browser bawaan smartphone diyakini cukup menguras kuota data. Kamu bisa menggunakan opera mini atau yang sejenis yang punya kemamuan mengkompress website yang kamu kunjungi. Opera mini juga memiliki itur "video boost" yang  dapat memutar video dengan mulus tanpa buffering atau roda berputar. Buffering sering membuat kesal karena waktu terbuang sia-sia.

Kalau kamu udah nyaman pakai google chrome ya nggak masalah sih tapi harus diatur setting-nya.  Caranya  buka Chrome, sentuh ikon tiga titik di kanan atas, pilih Settings, lalu pilih Data Saver untuk mematikan data saver.(off)


Baca Juga : Tips menjadi gamer yang tak terkalahkan

2. Untuk video yang sering di tonton, sebaiknya kamu unduh video tersebut daripada sering-sering membukanya karena akan menguras kuota data.  Cara mengunduhnya, tinggal klik tanda panah dibawah tampilan video, dengan dengan sebelumnya men-setting video quality.


3. Saat menonton, pilihlah resolusi video rendah  (144p)  atau sedang (360p) agar lebih hemat kuota, namun  kualitas video memang tidak akan sebagus modus HD 720p. You know, semakin tinggi resolusi tentu akan membutuhkan kecepatan koneksi dan kuota yang lebih banyak.

Baca juga   SELFLY, Drone kamera sekaligus casing Smartphone


Yang perlu kamu ketahui, tidak semua video dapat dirubah resolusinya menjadi lebih rendah, kalau video itu memang di upload dengan resolusi rendah (240p) maka tidak akan bisa dinikmati dengan kualitas HD. Kalau video di upload menggunakan resolusi HD, maka bisa dinikmati dengan resolusi dibawahnya.

Cara mengubah resolusi video youtube :
-  Pilih dan putar video di aplikasi Youtube
-  Pilih tiga titik di kanan atas
-  Pilih menu : Quality, pilih resolusi yang kamu inginkan



4. Kalau tersedia wifi sebaiknya gunakan wifi. Kamu bisa pergi ke tempat dimana tersedia free wifi. Namun yang perlu diperhatikan saat menggunakan wifi di tempat umum adalah adanya resiko peretasan. Pilih penyedia yang benar-benar kamu ketahui untuk meminimalisir resiko.

Selain itu, untuk menghemat kuota yaitu kamu bisa meng-offline kan maps, mengunakan aplikasi penghemat kuota, men-disable beberapa aplikasi yang tidak terlalu penting dan settinglah pengaturan update aplikasi hanya saat terhubung dengan wifi.

Hemat data = hemat uang kan? Semoga bermanfaat
Previous
Next Post »
0 Komentar