Google pantau pergerakan kita, ini cara menghindarinya

20.21

Menggunakan internet hampir tidak bisa lepas dari Google, Google menjadi pilihan utama pengguna internet mulai dari layanan android, email, ataupun berselancar di dunia maya. Namun sadarkah anda bahwa Google ternyata memantau setiap aktivitas penggunanya. 


Tentu hal ini dilakukan bukannya tanpa alasan, informasi yang dikumpulkan akan digunakan untuk menawarkan pengalaman dan layanan bagi pengguna yang lebih baik.

Bagi kamu yang belum mengetahui informasi apa saja yang dikumpulkan Google dari para penggunanya, berikut sejumlah data yang disimpan dalam database raksasa internet tersebut. BeritagamerID juga menyertakan cara untuk mengantisipasinya.



1. Pelacakan Lokasi

Selama pengguna android menyalakan fitur GPS, Location, maps, waze dan  aplikasi sejenis, Google sebenarnya ikut membaca pergerakan pengguna. Jadi semua lokasi yang pernah disinggahi dapat terekam di layanan peta Google.

Untuk mengetahui riwayat lokasi, silahkan buka Google Maps di android kamu, buka menu "your timeline", maka akan nampak riwayat daerah mana saja yang pernah kamu singgahi. 


Daftar lokasi ini terbilang akurat, untuk mengantisipasinya kamu dapat pilih menu " delete day" di kolom bagian atas.

2. Riwayat Penyimpanan Web

Setiap tombol dan huruf yang kamu masukkan menggunakan akunmu ke dalam penjelajahan Google akan terekam oleh raksasa internet tersebut meskipun dengan perangkat yang berbeda-beda.

Hal yang sama juga berlaku ketika kamu mengakses "Youtube", selama kamu mengaksesnya menggunakan akun google yang sama, maka riwayat penelusuran akan tetap tersimpan.

Aktivitas pengguna smartphone juga terekam ketika mengakses sejumlah aplikasi android. informasi yang dikumpulkan mencakup jumlah dan jenis  aplikasi, berapa kali dibuka termasuk informasi waktu akses.

3. Penyimpanan Aktivitas Suara dan Audio

Tentu pengguna android sudah tidak asing dengan fitur "OK Google". Fitur menarik berbasis perintah suara ini memudahkan pengguna untuk menjalankan aktivitas di perangkatnya. Sama seperti layanan lain, google juga menyimpan aktivitas suara ini.

Cara mengontrol informasi yang disimpan Google

Trus, gimana caranya menyetop penyimpanan data aktivitas kita? Pertama, kamu harus masuk terlebih dulu ke akun google kamu. 
  • Setelah masuk, pilih menu "Info pribadi dan privasi"
  • Pilih "kelola aktivitas Google kamu" lalu " Buka kontrol aktivitas"
  • Aktifkan jeda pada layanan yang informasinya tidak lagi ingin disimpan.





Memang sih, pilihan ini tidak bisa menghentikan sepenuhnya aktivitas pengguna oleh google. Namun setidaknya kamu dapat menghapus sebagian, mengoreksi, mengedit informsi terkait penelusuran, browsing, aplikasi dan layanan Google lain yang pernah kamu akses.

HP dengan Kamera Terbaik di Tahun 2017 

 

Terimakasih telah membaca artikel Google pantau pergerakan kita, ini cara menghindarinya. Silahkan baca informasi lain dari beritagamerID. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar